Rabu, 07 Maret 2012

Pengertian KDE & GNOME

Pengertian GNOME dan KDE

Posted by M Verdhy Indrayanto 06:19, under | No comments
 
GNOME adalah proyek software bebas yang didedikasikan untuk pengembangan GNOME, sebuah dekstop Unix/Linux dan platform pengembangan.
GNOME adalah lingkungan desktop dan platform pengembangan. Software bebas ini menjadi pilihan sejumlah industri terkemuka. Banyak digunakan oleh pengguna dari kalangan bisnis, rumahan, maupun pengembang software.

GNOME itu bisa dibilang Desktop Manager :)

Sehingga fasilitas fasilitas seperti Drag 'n Drop, Recycle Bin, etc
bisa digunakan. Sedangkan Window Manager khan cuma meng-handle
tampilan windows, button, pager, dll.

IS> Kalau dibilang WindowManager bukan, karena GNOME bisa dipakai bersama
IS> WM apa saja, lalu apa dong?

GNOME harus dijalankan diatas Window Manager yang telah
'GNOME-support' seperti Enlightenment DR.15, Icewm-GNOME, WindowMaker.

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.
Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "Aksara pertama sebelum 'L' (untuk Linux) dalam alfabet Latin."
NOME adalah (GNU Network ObjectModel Environment). Tampilan Desktop GNOME terdiri dari beberapa komponen, yaitu gtk-engine, gtk-themes, metacity dan icons. Engine default dalam GTK 2.4 default terdiri dari Clearlooks, Crux, Industrial, Light-Blue, Metal, Mist dan Smooth. Tema GNOME dibuat dengan menyesuaikan engine yang dipakai untuk menampilkan warna dan efek yang diinginkan. Tema-tema default tentunya bisa anda dapatkan dari aplikasi distribusi Linux yang dipakai dengan nama tema yang tidak jauh dari nama engine di atas. proyek GNOME menyediakan dua hal-hal: lingkungan desktop GNOME, suatu desktop yang menarik dan intuitif untuk para pemakai, dan platform pengembangan GNOME, suatu kerangka luas untuk bangunan aplikasi yang mengintegrasikan ke dalam sisa dari desktop. GNOME ini juga memiliki sifat-sifat Free, Usable, Accessible, International, Developer-friendly, Organized, Supported, A community.
KDE adalah (K Desktop Environment) merupakan salah satu windows manager di sistem operasi berbasis UNIX. Pembuatan aplikasi yang berjalan di KDE harus mengikuti standar antarmuka yang ramah dan efisien bagi penggunanya. KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux, FreeBSD, NetBSD dan lain-lainnya). Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkunga
Sumber :
TA Gw
Untuk masalah interface, KDE lebih mirip Windows, Gnome lebih mirip Macintosh

Untuk explorer, KDE sudah menyertakan konqueror sebagai desktop explorer, package management dan juga web explorer, sedangkan gnome menggunakan aplikasi terpisah seperti nautilus untuk desktop explorer, firefox untuk web dan synaptic package manager untuk package manager.

Untuk segi dukungan Compiz Fusion, KDE dan Gnome sama-sama memiliki dukunagn yang baik, hanya saja pada KDE versi terbaru (4) Compiz Fusion memiliki bug dimana jumlah Desktopnya jadi kacau.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting